Selasa, 25 Februari 2014

GIZI DALAM PEMPEK



Pempek mengandung banyak zat. Berikut akan dijelaskan beberapa mengenai kandungan zat pada pempek yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kita.


1. Karbohidrat
Di dalam pempek terdapat karbohidrat yang tentu saja dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat karbohidrat bagi tubuh kita adalah membuat tubuh kita menjadi berenergi. Karena ketika karbohidrat masuk ketubuh akan terjadi pembentukan ATP (telah dipelajari di biologi) yang dapat membuat tubuh kita menjadi lebih berenergi. Karbohidrat merupakan polimer alami.
Karbohidrat sendiri berasal dari kata karbon (atom C) dan hidrat yang artinya air. Artinya, karbohidrat akan terpisah menjadi dua bagian jika dipanaskan, yaitu menghasilkan atom C dan H2O. Reaksi kimianya adalah sebagai berikut.

Cx(H2O)y  menjadi               xC + yH2O


Karbohidrat memiliki unit terkecil (monomer) yang disebut sakarida (sakar = gula) dengan rumus CnH2nOn. Berdasarkan unit sakarida tersebut, karbohidrat dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu :
a. Monosakarida, karbohidrat paling sederhana yang terdiri dari satu unit sakarida.
b. Oligosakarida, karbohidrat yang mengandung 2 sampai 10 unit monosakarida yang terikat bersama.
c. Polisakarida, karbohidrat yang tersusun atas lebih dari 10 unit monosakarida.

Tepung sagu yang terdapat dalam pempek termasuk karbohidrat polisakarida. Polisakarida dibentuk melalui polimerisasi kondensasi. Kondensasi terjadi antara gugus -OH monosakarida diikat dengan gugus -O- atau alkoksi. Polisakarida dibangun oleh unit-unit monosakarida yang digabungkan menjadi rantai panjang melalui ikatan oksiden. 


2. Protein
Protein dalam pempek berasal dari ikan. Seperti yang sudah kita ketahui ikan mengandung protein yang sangat diperlukan oleh tubuh. Protein merupakan mikronutrien dalam makanan yang berfungsi sebagai pembangunan jarignan pada tubuh manusia. Protein sendiri merupakan polipeptida yang dibangun oleh monomer asam amino dengan reaksi kondensasi. Protein memiliki massa molekul relatif (Mr) yang sangat besar, mulai dari 50 sampai dengan 1.000.000 yang dibentukoleh 50-8.000 asam amino. Protein sebagai polipeptif=da mengandung kombinasi ikatan peptida yang cukup banyak, misalnya kombinasi pada tripeptida yang disusun oleh asam amino Glisin (G), alanin (A), dan Valin (V).
Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Ikan Tengiri :
Bagian Ikan Tenggiri yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Ikan Tenggiri = 109 kkal
Jumlah Kandungan Protein Ikan Tenggiri = 21,5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Ikan Tenggiri = 2,6 gr


3. Garam
 
Selain karbohidrat dan protein, di dalam pempek juga terdapat garam. Bahan utama garam dapur adalah NaCl (Natrium Klodrida). Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa organik seperti klorida (Cl), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO) dan ion monoatomik seperti fluorida (F), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−).
Reaksi pembentukan garam dapur sebagai berikut :

Fungsi garam bagi kesehatan sangat banyak diantaranya :
1. Membantu pemeliharaan kelenjar tiroid
2. Menjauhkan kita dari penyakit gondok, gangguan pendengaran, cebol, dan semangat rendah
3. Kandungan yodium pada garam bisa membantu tubuh memanfaatkan kalori secara optimal sehingga mencegah penyimpanan lemak secara berlebih.
4. Banyak yang tidak menyadari bahwa garam beryodium bisa membantu tubuh dalam menghilangkan racun dari dalam tubuh. Racun kimia yang bisa dikeluarkan oleh garam beryodium diantaranya adalah: flouride, air raksa, dan racun biologis lainnya
5. Garam beryodium bisa membantu sistem metabolisme tubuh untuk lebih maksimal dalam memanfaatkan kalsium 
6. Kandungan yodium pada garam  merupakan elemen yang penting  bagi perawatan rambut. Karena bila kita kekurangan yodium maka salah satu efeknya adalah rambut yang rontok. Yodium bisa membantu proses tumbuhnya rambut dengan lebih cepat.
7. Garam beryodium membantu proses petumbuhan normal dan kematangan organ reproduksi
8. Garam beryodium bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena garam beryodium bisa mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam perut kita.

4.Lemak 
Di dalam ikan tenggiri terdapat lemak. Lipid/lemak adalah biomolekul yang tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik non polar. Lipid mempunyai struktur yang beraneka ragam. Jenis-jenis lipid antara lain asam lemak, gliserida, lilin, fosfolipid, spingolipid, steroid, dan beberapa vitamin. Asam lemak tersusun atas ester-ester dari gliserol dan asam-asam lemak. Asam lemak merupakan komponen penting dalam beberapa jenis lipid lainnya. Beberapa asam lemak terikat pada bermacam-macam protein.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar